Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
 pena biru2

Kenali Mata Katarak dan Cara Menanganinya

Kenali Mata Katarak dan Cara Menanganinya. Halo semua, kamu sedang mencari informasi tentang mata katarak? Atau kamu sedang mencari solusi untuk mata katarak baik dialami oleh diri sendiri maupun orang terdekat. Berikut informasi tentang mata katarak dan penanganannya.

 

KMN EYECARE

A.     Penyebab Katarak

Katarak adalah proses degeneratif berupa kekeruhan di lensa bola mata. Hal tersebut menyebabkan kemampuan penglihatan menurun dan tahap itu bisa mencapai kebutaan. Kekeruhan yang ada bisa disebabkan oleh terjadinya reaksi biokimia dan menyebabkan koagulasi protein lensa.

Katarak bisa dialami sejak lahir, tetapi mata katarak bisa terjadi juga karena beberapa hal di antaranya proses menurunnya efisiensi sel maupun jaringan yang berhubungan dengan penuaan, induksi obat-obatan, trauma, dan komplikasi.

 

B.     Gejala Katarak 

Beberapa ciri atau gejala mata katarak dapat dilihat dan diamati. Meskipun untuk hal pastinya tentu wajib periksa lebih lanjut ke dokter mata. Nah, berikut beberapa gelaja katarak.

1.      Penglihatan Kabur

Gejala katarak yang paling umum dirasakan penderita adalah penglihatan kabur. Saat melihat benda-benda di sekitar, hasil yang terlihat tampak kabur, berawan, atau menjadi samar seolah tertutup kabut. Hal itu perlahan-lahan akan semakin memburuk bahkan dapat mengalami kebutaan.


penyebab katarak



2.      Penglihatan Ganda

Kondisi lensa mata yang berkabut menyebabkan cahaya yang masuk tersebar ke berbagai arah. Alhasil, cahaya itu tidak dapat difokuskan tepat ke retina mata dan akibatnya penglihatan tampak ganda (melihat satu objek benda menjadi dua).

 

3.      Sensitif Terhadap Cahaya

Saat penderita katarak terkena sorot atau sumber cahaya yang kuat, mata akan terasa tidak nyaman, perih, nyeri, dan silau. Momen itu sering terjadi saat berkendara di malam hari, membaca, atau berselancar internet via ponsel mapun laptop.

 

4.      Warna Terlihat Pudar atau Kuning

Apabila katarak semakin memburuk, gumpalan protein yang membuat keruh lensa mata bisa berubah menjadi kuning atau kecokelatan. Gejala tersebut menyebabkan penderita katarak menjadi sulit untuk membedakan warna benda.  Mereka juga mengalami penurunan sensitivitas warna. Contohnya, warna biru bisa tampak menjadi hijau ataupun sebaliknya.

 

5.      Bercak Putih di Lensa Mata

Adanya bercak warna putih di lensa mata menjadi gejala katarak yang paling tampak dari penderita. Seiring berjalannya waktu, permukaan lensa mata bisa berubah menjadi putih pekat dan sangat mengganggu penglihatan. Apabila gejala katarak ini tidak ditangani dengan tepat, resiko kebutaan akan semakin besar.

 

C.     Apakah Katarak Bisa Disembuhkan?

Ketika katarak mulai menyerang, hal itu bisa diatasi dengan pemakaian kacamata. Namun, seiring berjalannya waktu, gangguan mata tersebut dapat mengganggu bahkan mempersulit penderita dalam melakukan aktivitas. Sehingga, alasan itulah yang membuat sebagian besar dokter menyarankan operasi katarak bagi penderita. Hingga sekarang, operasi katarak menjadi solusi terbaik untuk memperbaiki penglihatan penderita katarak. Operasi yang dijalani tentunya aman dan memiliki potensi keberhasilan paling besar.


Mata normal dan mata katarak


Walaupun operasi adalah solusi terbaik untuk kesembuhan, tetapi tidak semua penderita diperbolehkan untuk melakukan tindakan tersebut. Dokter harus memeriksa beberapa factor seperti tingkat gangguan penglihatan, tingkat kematangan katarak, dan riwayat kesehatan penderita. Jika saat itu penderita sedang mengonsumsi obat khusus karena suatu penyakit, obat tersebut harus dihentikan sebelum tindakan operasi.

Saat operasi, dokter mata akan membuat sayatan kecil pada permukaan mata. Melalui sayatan yang ada itulah dokter dapat menjangkau katarak dengan lebih leluasa. Sementara metode operasi katarak yang sering digunakan adalah fakoemulsifikasi. Dalam metode tersebut, dokter mata akan menggunakan alat ultrasonik untuk menghancurkan lensa katarak yang keruh menjadi fragmen kecil. Fragmen itulah yang nantinya dihisap ke luar melalui sayatan yang sebelumnya dibuat. Metode ini juga menjadi pilihan bagus karena kerusakan pada jaringan sekitarnya cenderung minimal.

Sayatan kecil saat operasi biasanya tidak memerlukan jahitan karena dapat menutup sendiri dan pulih. Tentunya, hal itu akan memastikan oleh dokter mata bahwa sayatan yang dibuat akan tertutup dan aman.

Nah, bagi kamu yang berminat dan akan menjalani tindakan operasi katarak, kamu bisa mencari klinik dengan layanan pengobatan terbaik. Salah satu klinik pilihan yang tepat yakni KMN EyeCare.

 

D.    KMN EyeCare

Klinik Mata Nusantara merupakan klinik layanan pengobatan mata yang mumpuni dengan tim dokter mata berpengalaman serta fasilitas medis yang canggih. Fasilitas medis yang tersedia memenuhi standar internasional sehingga membuat hati lebih tenang untuk memeriksakan kesehatan mata.

KMN Eyecare memiliki beberapa cabang di antara cabang Kebon Jeruk, Kemayoran, Jakarta Selatan, dan Semarang. Selain itu, ia juga memiliki website khusus yang memberikan informasi lebih tentang layanan, fasilitas, dan wawasan tentang mata.

Itu tadi informasi tentang mata katarak dan juga penanganannya. Senantiasa jaga kesehatan mata agar kita bisa melihat indahnya dunia bersama orang tercinta. Salam sehat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

12 komentar untuk "Kenali Mata Katarak dan Cara Menanganinya"

  1. penyakit katarak banyak di derita oleh mereka yang sudah berumur tapi apakah katarak juga bisa menyerang kaum muda kak?

    BalasHapus
  2. Baru tau ternyata kalau tanda-tanda mata katarak itu dibagian bola matanya ya yang putih. Makasih ya, jadinya aku dapat pengetahuan kalau nantinya ada keluarga yang memiliki tanda-tanda mata katarak.

    BalasHapus
  3. Biasanya utk masalah mata katarak ini bnyak menyerang di usia berapa ya mbak ? Atau mungkin ga mandang usia ? Soalnya rada parno juga ya sama penyakit ini.

    BalasHapus
  4. waaa penting banget sedini mungkin untuk cek katarak ya mbak. Tetangga ku dulu, operasi katarak karena matanya udah gak berfungsi normal lagi, sedih sih liatnya.

    BalasHapus
  5. Kak, baca ciri-ciri katarak kayak penglihatan kabur jadi bikin saya agak cemas nih. Soalnya kadang-kadang berasa blur ini mata, kayaknya perlu periksa nih saya. Oh iya buat operasi katarak di Jakarta ada KMN Eyecare ya. Noted

    BalasHapus
  6. oo ya ampun, ternyata seperti ada selaput yang menutupi mata gitu yaa.. semoga kita terhindar dari penyakit2 dan tetap dijaga kesehatan kita, Aamiin

    BalasHapus
  7. Saya agak takut juga dengan katarak, apalagi kata orang penyakit ini datang karena bertambahnya usia. Klinik Mata Nusantara bisa membantu pasien dalam mengobati penyakit katarak, ya kak. Jadi kita tak perlu khawatir karena ada KMN

    BalasHapus
  8. Ketahui Lebih Dekat Mata Katarak: Penyebab, Gejala, dan Langkah-Langkah Mengatasi dengan Bijak! 👀✨ Jangan Biarkan Katarak Mengaburkan Pandangan, Temukan Informasi Penting dan Cara Menanganinya untuk Pemulihan Mata yang Optimal.

    BalasHapus
  9. Wah informatif sekali kak, jujur aku awam sih masalah ciri dan penanganan katarak ini. Sekarang jadi lebih aware terhadap sekitar, semoga sehat-sehat semuanyaaaa aamiin

    BalasHapus
  10. Penyakit katarak umum dialami lansia, ya. Waktu ke dokter mata banyak banget lansia yang periksa mau OP atau setelah OP.

    BalasHapus
  11. Noted kak, ada Klinik Mata Nusantara untuk membantu penanganan mata katarak, bayangin operasinya serem ya kak, tapi dengan di tangan yang ahli semoga cepat sembuh

    BalasHapus
  12. Kak kalau mata minus gitu efeknya bisa katarak jg gk ya? Rasanya gk enak bgt kalau punya sakit mata itu.

    BalasHapus